The Definitive Guide to belajar

Wiki Article

Mengulang dapat secara langsung sesudah membaca, tetapi juga bahkan lebih penting adalah mempelajari kembali bahan pelajaran yang sudah dipelajari misalnya dengan membuat ringkasan.

Sekolah dan universitas merupakan tempat untuk mengasah keterampilan sosial sekaligus menjalin hubungan berharga. Lembaga pendidikan inilah yang bisa menjadi lingkungan baik untuk meningkatkan keterampilan sosial bagi setiap individu.

Carilah tempat duduk yang paling tepat sebab kelas adalah tempat berkonsentrasi, alih-alih untuk mengobrol dengan teman. Simpanlah barang berharga di dalam tas atau letakkan cukup jauh agar tidak mengalihkan perhatian.

Faktor Visible oleh Tv set secara tidak langsung boleh mengalihkan perhatian anda dari buku ke kaca Tv set. Pada masa yang sama, percakapan/perbualan drama dalam Television set boleh meransang otak anda.

Kecakapan intelektual menitikberatkan pada hasil pembelajaran, sedangkan strategi kognitif lebih menekankan pada pada proses pemikiran. Sikap

Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah, kecakapanya bertambah, kebiasaanya bertambah. Jadi perubahan tingkah laku yang terjadi karena mabuk atau dalam keadaan tidak sadar, tidak termasuk perubahan dalam pengertian belajar , karena orang yang bersangkutan tidak menyadari akan perubahan itu.

Tim Manajemen Konten wikiHow memantau hasil penyuntingan staf kami secara saksama untuk menjamin artikel yang berkualitas tinggi.

Lagu latar ataupun senang dikenali sebagai track record music juga boleh membantu anda dalam pembelajaran. Ini merujuk kepda bunyi-bunyi alam semula jadi seperti bunyi air terjun, hujan ataupun hutan boleh membuatkan anda lebih fokus, pada masa yang sama tidak terlalu bising sehingga mengganggu.

Menurut Hamalik (2006:30), hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Berdasarkan teori Taksonomi Bloom

Jangan suka berganti ganti bidang dengan kita memfokuskan pada satu bidang maka kita akan menjadi ahli nya. tetapi jika bidang yang kita pelajari terlalu banyak maka kita tidak akan emphasis kepada satu bidang keahlian dan itu mengakibatkan ilmu yang keta dapat hanya setengah (tidak tuntas) dari masing masing bidang.

Dapatkan rentak pembelajaran yang sesuai dengan anda dan suaikan dengan jadual waktu anda. Sesetengah kelas ataupun subjek anda boleh menangkap dengan baik, dan ada sesetengah tidak. Oleh itu, cuba sesuaikan diri dan berikan penekanan pada bahagian yang anda kurang.

Pastikan dalam jadual anda itu mempunyai masa untuk tidur dan rehat. Tidur yang mencukupi (six-7 jam semalaman) setiap malam boleh memberikan belajar kesan yang sangat besar kepada prestasi pembelajaran anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kualitas tidur dan istirahat yang cukup pada malam harinya, bisa lebih mengingat materi pelajaran sebesar 35 persen.

Apa yang dimaksud dengan belajar? Belajar merupakan suatu proses atau upaya yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, juga sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Report this wiki page